Soal Untung dalam Menulis

Memang apa untungnya menulis? Kau menghabiskan waktu untuknya, dan kau tidak bisa makan dari itu.

Aku kadang berpikir, seandainya ada orang yang menjamin harga untuk setiap tulisan, pasti akan kujadikan menulis sebagai kerjaan utama. Sayangnya, bekerja untuk tulis-menulis adalah suatu hal yang tidak pasti. Kau bisa menuliskan ratusan karya, tapi kadang menghabiskan uang untuk itu.

Menghabiskan uang untuk kesenangan adalah suatu hal yang wajar, karena tak jarang orang berani membayar mahal hanya untuk kesenangan. Tapi, ketika kau menulis dan kau tidak merasakan kesenangan, bukankah akan sangat merugikan ketika  menghabiskan banyak uang hanya untuk menulis?

Menulis bukanlah hal yang bisa dipelajari satu kali. Menulis butuh pelajaran yang berulang-ulang, lagi dan lagi. Itu kata siapa? Pokoknya begitu yang aku rasakan. Sebab saat aku berhenti dari kegiatan menulis, merasa sudah paham, tak perlu dipelajari lagi, saat itulah ada hal pekat yang membuntui pikiran.

Sampai saat ini, karena kurangnya belajar dalam hal tulis-menulis, hal yang kutulis hanya itu-itu saja. Barangkali selama ini ada yang mengikuti tulisanku dan mengatakan tulisanku memiliki ciri khas, itu sindiran yang halus. Jujur, karena pemahamanku dalam tulis-menulis hanya itu-itu saja, jadi yang kutulis ya itu-itu saja juga.

Kadang aku harus sedikit tersenyum saat ada yang mengatakan tulisanku memiliki karakternya sendiri. Padahal memang begitulah tingkatannya. Tingkatan yang disebabkan karena tidak begitu paham dalam mengidentifikasi karya bagus. Memang, karya bagus itu seperti apa?

Tulisan yang itu-itu saja bukan cerminan dari berusaha mencari aman, kan?

Selama ini aku belum terlalu berusaha untuk memperbaiki tulisan, sebab aku menulis kala meluangkan waktu saja. Menulis harus meluangkan waktu? Seperti orang sibuk saja. Tidak, tidak sibuk. Meluangkan waktu dari kemalasan, itu maksudnya. Kau tahu, bukan? Menulis itu butuh kefokusan, dan sayangnya aku malas untuk fokus.[] 

Labels: 2021

Terima kasih telah membaca Soal Untung dalam Menulis. Kalau Anda suka, bagikan!

0 Comment for "Soal Untung dalam Menulis"

Back To Top