Uji Coba

Saya mamandang curiga pada kata "ujian" dan "cobaan". Seringkali dua kata itu menjadi serangkai untuk menggambarkan situasi. Kadang, itu terkesan pemborosan kata apabila  uji dan coba menjadi berdempetan, seperti kalimat, "kita perlu melakukan uji coba itu terlebih dahulu". Sudah, akan panjang bila membahas hal tersebut, karena kadang itu sering digunakan oleh orang yang berada di laboratorium untuk menyelesaikan sesuatu yang dipelajari tapi belum mendapat kepastian.

Ujian yang berasal dari kata uji, tidak patut bila diletakkan pada situasi yang belum pernah dialami. Misal, kau mau ujian kematian, sedangkan kau belum pernah mati. Sedangkan cobaan, lebih pas bila kau gunakan pada sesuatu yang belum pernah kau alami, seperti mencoba siksa kubur.

Pada akhirnya, kata ujian menjadi pantas digunakan oleh lembaga penyelenggara pendidikan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didiknya. Karena ujian yang diberikan tentu adalah hal yang pernah dipelajari. Dan peserta didik yang mendapatkan persoalan dari sesuatu yang tidak pernah diberikan oleh lembaga pendidikan, itu bukan ujian, melainkan cobaan.

Begitulah kira-kira agar kau, tentu saya juga, tidak sesekali menganggap persoalan hidup adalah ujian, sebab hidup baru dijalani. Begitupula suatu hal yang jelas-jelas sering dilewati lalu kau sebut itu cobaan, sungguh tak tahu dirilah orang seperti itu.

0 Comment for "Uji Coba"

Back To Top